Your search results

Izin Perumahan Baru di Bogor Meningkat

Posted by toyo on April 4, 2016
| 0

Bogor – Pangsa pasar properti di Kota Hujan semakin menarik. Sepanjang tahun 2015, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPT-PM) menerima 2.040 perizinan baru.

Dari jumlah itu, mayoritasnya rumah tinggal yang berada di kisaran 83 persen, sementara 17 persennya diisi perumahan, hotel, mal dan apartemen.

Kepala BPPT-PM Kota Bogor Denny Mulyadi mengatakan, dari banyaknya pengajuan izin, pihaknya sudah menolak sebanyak 216 pengajuan karena tidak memenuhi syarat.

“Dari 2.040 pengajuan izin diantaranya sebanyak 83 persen adalah rumah tinggal. Sisanya, untuk perizinan bangunan komersial seperti toko, hotel, mal, apartemen dan lainnya,” ujar Deny, Selasa (19/1).

Perizinan yang diajukan masyarakat, kata dia, mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terlebih pada izin rumah tinggal. Di mana masyarakat sudah mulai sadar untuk mengurus izin. “Karenanya, kami juga terus meningkatkan sistem perizinan untuk mempermudah masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Bogor, Jenal Mutaqin mengatakan, pemohon izin baru memang meningkat setiap tahunnya. Namun, proses perizinan tetap harus dilakukan evaluasi, terutama untuk pembangunan besar seperti hotel, mal, dan apartemen.

“Dari pengalaman seperti pembangunan hotel, apartemen, dan mal selalu bergejolak karena kebanyakan dipermasalahkan secara teknis, terutama perizinan dari masyarakatnya,” ucapnya.

Tak kalah penting adalah, dikeluarkannya suatu izin harus berdasarkan pada rencana tata ruang wilayah (RTRW) sebelum izin mendirikan bangunan (IMB) dikeluarkan oleh BPPT-PM.

“Hal-hal seperti inilah yang harus ditegaskan oleh pemkot. Aparat wilayah juga harus bisa meminimalisasi adanya pembangunan ilegal tanpa mengantongi IMB,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  • Skype Button

    Hubungi langsung Lewat Skype
    Call me! - Bubun Mpro

    » Get Skype, call free!
  • Pencarian Properti